Jumat, 25 Maret 2011

Vega Blok Mio

Kali ini Silver Vega mencoba jurus baru. Jurus baru yang dipakai adalah memakai blok Yamaha Mio. Pemakaian blok mio karena blok mio selain bentuknya yang asik, juga telah berdiameter 63.5. Sesuai dengan diameter piston Honda Tiger. Blok yang berlabel TDR ini lebih tinggi dari blok standar Vega. Hal ini karena dari segi spesifikasi langkah piston Yamaha Mio lebih panjang 3mm lebih dari Vega. Pemakaian blok mio tidak diperlukannya pemakaian paking blok yang tebal apabila sudah aplikasi naik langkah. Yang perlu diperhatikan untuk modifikasi kali ini adalah blok mio harus dilakukan penyesuaian pada bagian bawah bloknya mengikuti bentuk blok jupiter. Hal ini dilakukan karena adanya perbedaan bentuk juga untuk menghindari oli dari crank case bocor






Total Loss System

Setelah lama menggunakan sistem pengapian AC dengan memakai CDI Rextor Xtreme, kali ini sistem pengapian DC dicoba untuk diaplikasikan pada Silver Vega. Pengapian DC yang diaplikasikan adalah total loss system, di mana sumber tenaga CDI mengandalkan aki bukan arus yang dihasilkan dari sepul-magnet. Adapun tujuan menggunakan sistem pengapian ini adalah untuk mengurangi beban yang disebabkan oleh adanya daya magnet dan sepul. Selain itu bobot bandul magnet dapat diringankan dengan membuang magnet dan melakukan pembubutan pada bandul magnet, sehingga putaran mesin lebih mudah teriak.
Tahap awal yang dilakukan adalah dengan melepas sepul. Sambil spul dilepas, magnet dilepaskan dari kruk as. Spul disimpan dan diamankan di tempat aman. Bandul magnet dibuang bagian magnetnya dan dibubut sisi luar sebelum batas pulser. Untuk urusan ini diserahkan sama tukang bubut langganan. Jangan lupa untuk memberi tanpa top pada bandul, karena tanda lama akan kena pisau bubut. Setelah selesai, pemasangan dilakukan sama seperti biasa. Tidak ada yang berubah. Setelah bandul dipasang, jangan lupa mengganti CDI dengan tipe DC. Saat ini Silver Vega masih menggunakan CDI DC Jupiter lama. Untuk hasil yang lebih dahsyat dapat menggunakan CDI racing DC seperti BRT I-Max atau Rextor seperti Monster atau Pro Drag. Jangan lupa juga memasang aki sebagai sumber daya CDI. Untuk harian total loss system tidak dianjurkan karena akan membuat repot karena harus mengganti aki lebih sering. Sebagai penyesuaian bandul kopling dapat diperingan menyesuaikan bobot bandul magnet yang sudah diperingan.